Ekstrak Etanol Daun Kaca Piring Terhadap Kadar Gula Darah Mencit

BAB  I
PENDAHULUAN

            Seiring dengan perkembangan zaman, pemakaian obat tradisional di Indonesia mengalami kemajuan yang pesat.Saat ini obat-obat tradisional kembali menjadi perhatian masyarakat sebagai salah satu alternatif pengobatan, disamping obat modern yang sudah banyak beredar dipasaran.Masyarakat memilih penggunaan obat tradisional, karena aman digunakan, dan khasiatnya tidak kalah dibandingkan dengan obat modern. (Prapansa, I., 2003).
          Diabetes Mellitus adalah suatu penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) didalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara cukup. Sedangkan insulin sendiri adalah hormon yang dilepaskan oleh pankreas, yang bertanggung jawab dalam mempertahankan kadar gula darah normal. Insulin memasukkan gula ke dalam sel sehingga bisa menghasilkan energi atau disimpan sebagai cadangan energi. (Maulana M., 2008).
     Salah satu tumbuhan yang perlu diteliti adalah Kaca Piring (Gardenia augusta Merr), karenatumbuhan Kaca Piring dikenal oleh sebagian masyarakat sebagai salah satu tumbuhan obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes mellitus, penurun demam, sariawan dan sembelit. (Lestari, 2005).
     Dari penelitian terdahulu, telah diketehui bahwa Daun Kaca Piring mempunyai efek antipiretik pada tikus putih jantan. Penelitian lain menunjukkan bahwa infus Daun Kaca Piring dengan konsentrasi 22,5% b/v yang dapat menurunkan jumlah koloni Candida albicans dan Streptococcus mutans. Selain itu, ekstrak Daun Kaca Piring juga dapat menurunkan aktivitas spontan pada mencit yang mengindikasikan adanya efek sedative. (Rinawati,  2005).
       Permasalahan yang timbul adalah apakah Daun Kaca Piring dapat menurunkan kadar gula darah, dan pada konsentrasi berapa yang signifikan dalam menurunkan kadar gula darah mencit. Untuk itu akan dilakukan penelitian pengaruh pemberian ekstrak etanol Daun Kaca Piring terhadap kadar gula darah mencit.
       Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol Daun Kaca Piring terhadap kadar gula darah mencit. Kegunaan penelitian ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan dari masyarakat tentang khasiat dari tumbuhan obat yang ada di Indonesia, terutama tumbuhan Kaca Piring yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah dan menambah data ilmiah tentang Daun Kaca Piring tersebut.
Download file di sini